Langsung ke konten utama

Tips Menghindari Petir

Berhubung saat ini musim hujan dan sering diikuti petir, ayo baca beberapa tips menghindari petir. 1. Segeralah masuk ke dalam ruangan atau mobil, jika sedang berada di luar ruangan dan mendengar guntur. 2. Jika berada di kolam renang, segera naik dan menjauh, karena petir dapat menghantarkan energi ke air.  3. Jangan berlindung di bawah pohon, karena pohon yang tersambar petir, energinya dapat melompat ke tubuh. 4. Jauhi tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi mudah tersambar petir.  5. Jangan berada di sawah, lapangan, atau taman, karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya. 6. Jika sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung. 7. Jika sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari hantaran energi saat ada petir.

Kemensos Gandeng IOF-RAPI, Untuk Percepatan Layanan di Kawasan Terpencil,


FRPB Pamekasan- Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) untuk mempermudah layanan. Hal ini terutama untuk menjangkau daerah terpencil dan blank spot.

"Dulu ada keluhan ada warga yang sakit di Manggarai NTT, kemudian saya minta (staf) berangkat. Saya tunggu sampai berhari-hari, mereka perjalanan mungkin hampir 4 hari kok nggak nyampai-nyampai," kata Mensos Tri Rismaharini kepada wartawan usai meresmikan Sentra Kreasi Atensi (SKA) Balai Anak Antasena, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (5/6/2021).


Risma mengaku sempat khawatir dengan staf yang dikirimnya tersebut. Kemudian, staf tersebut mengirimkan video tentang sulitnya medan yang harus dilalui. Untuk melatih para stafnya melewati medan sulit tersebut akan memakan waktu lama. Akhirnya, pihaknya menggandeng IOF untuk mempercepat pelayanan.

"Menggandeng IOF untuk bagaimana nanti kalau ada medan-medan sulit bisa dibantu untuk percepatan layanan," ujar Mensos Risma.

"Layanan kami karena ada jemput orang sakit, ada nangani orang dipasung dan sebagainya kemudian macam-macam masalahnya," ujar dia.

Selain itu Kemensos juga menggandeng Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Kerja sama dengan radio amatir tersebut dirasa perlu untuk pelayanan-pelayanan di kawasan susah sinyal atau blank spot.

"Kami bersinergi dengan IOF mengatasi jalan rusak mengantar bantuan dan kendala komunikasi terputus bersinergi dengan RAPI agar tetap bisa lancar, " kata Risma.

Dalam kesempatan itu, Risma juga menyampaikan, Kemensos akan memberikan layanan multifungsi terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di 41 balai di seluruh Indonesia.

"Dengan 41 balai multifungsi di seluruh Indonesia menjadikan PPKS tidak perlu jauh mendapatkan layanan," ujar Mensos Risma.
Di balai, kata Mensos, penerima manfaat (PM) bisa ditingkatkan dengan berbagai keterampilan (vocational), termasuk Program Keluarga Harapan (PKH) tidak mampu. "Saya kira ini penting balai multifungsi agar masyarakat bisa mendapatkan layanan yang dekat dan merasakan kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Penulis : Fery

Editor : Syamsul Hidayat

Komentar

  1. What makes 3MF’s potential even greater is that it's extensible and might therefore support new innovations in 3D printing. All objects should be totally throughout the optimistic XYZ octant of the world coordinate system . That is, their X, Y, and Z coordinates should be greater than zero. Models include many landmark objects essential to the history of area exploration, corresponding to this image of the Apollo 1 landing site. The paid designs have been wool mittens grouped as per specific themes corresponding to residence, gadgets, artwork, and structure.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FRPB Pamekasan Berikan Doorprize pada Siswa saat Vaksinasi

PAMEKASAN- Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Pamekasan mendukung penuh vaksinasi Covid-19 sebagai program pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.  FRPB Pamekasan saat memberikan Doorprize pada Siswa usai Vaksinasi Salah satu dukungan FRPB Pamekasan dengan menyediakan doorprize bagi siswa yang mengikuti vaksinasi di MAN 2 Pamekasan. "Pemberian doorprize ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami para relawan terhadap pemerintah. FRPB menyediakan hadiah ini kepada siswa MAN 2 Pamekasan yang telah melakukan vaksinasi," jelas Budi Cahyono Koordinator FRPB Pamekasan, Kamis (24/09/2021). Budi mengaku bahagia karena pada saat launching sekolah tangguh di MAN 2 Pamekasan tersebut, antusias siswa yang mengikuti vaksinasi luar biasa. "Saya bahagia melihat antusias siswa untuk vaksinasi. Jumlahnya hampir mencapai 500 orang, ini luar biasa. Orang tua dan siswa sangat memahami pentingnya vaksinasi Covid-19," ungkapnya. Kedepan,

Pastikan Lansia Sehat Pasca Ramadhan Bersama Rumah Zakat

Pamekasan, 25 Mei 2021 - Pagi itu halaman Polindes  Bunut di Desa Plakpak Pegantenan Pamekasan, terlihat cukup ramai oleh para lansia. Bukan tanpa alasan, pasalnya dihari itu akan dilaksanakan program rutin ramah lansia, Selasa (25/5). Dalam pelaksanaannya diawali dengan senam bersama kemudin dilakukan cek identitas terhadap lansia, setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penimbangan berat badan serta cek metabolik. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, lansia pun diminta menggunakan masker dan mencuci tangannya. Selain itu, pemeriksaan pun dilakukan, untuk terus menjaga himbauan pemerintah setempat agar setiap Penerima Manfaat dapat terjaga dari penularan virus Corona.  Selain cek metabolik seperti cek gula darah, kolesterol, asam urat, cek berat badan, cek tensi, dan konsultasi ringan terkait beberapa penyakit ada juga pemberian PMT.  Dengan bantuan Rumah Zakat melalui Relawannya, hingga saat ini kesehatan para Lansia dapat terpantau, khususnya pasca r

Doni Monardo Resmi Serahkan Jabatan Kepala BNPB kepada Ganip Warsito

FRPB Pamekasan – Letjen TNI Dr. (H.C) TNI Doni Monardo resmi menyerahkan jabatannya sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kepada Letjen TNI Ganip Warsito. Serah terima jabatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (25/5/2021) di Aula Sutopo Purwo, Graha BNPB. Serah terima jabatan tersebut dilakukan setelah Presiden Joko Widodo melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB pada Selasa (25/5) pagi, di Istana Presiden. “Selamat datang di komunitas oranye. Selamat bertugas di lingkungan BNPB,” ujar Sekretaris BNPB Lilik Kurniawan dalam sambutannya di upacara serah terima jabatan tersebut. Lilik mengatakan saat ini program kerja di BNPB sudah memasuki Triwulan II dan berjalan dengan baik. Hal itu berkat kepemimpinan Doni selama menjabat sebagai Kepala BNPB. Lilik juga menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada Doni Monardo atas pengabdiannya selama memimpin BNPB. “Atas nama BNPB, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Doni Monardo y